Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Tempat Wisata Di Lombok Timur Yang Penuh Pesona

Tempat wisata di Lombok Timur tidak hanya memperlihatkan pemandangan pantai. Ternyata banyak destinasi yang akan memberikan cerita sejarah dan keunikan di dalamnya.

Pemandangan alam dan laut yang indah memang menjadi ciri khas utama beragam tempat wisata di Lombok Timur. Namun tahukah Anda bahwa terdapat beberapa destinasi yang memberikan keunikan lain seperti sejara masuknya agama di Lombok, keberagaman hasil daerah yang sudah terkenal di pasaran. Bahkan wisata desa yang memperlihatkan kebudayaan asli Lombok tentu harus Anda kunjungi. Apabila Anda masih bingung dengan wisata-wisata edukasi dan bersejarah tersebut, di bawah ini terdapat referensi yang dapat Anda gunakan untuk liburan bersama keluarga.

Sejarah Yang Tersimpan Dalam Tempat Wisata Di Lombok Timur

Apakah Anda pernah mendengar Masjid Bayan Beleq yang sekarang ini sudah masuk sebagai salah satu destinasi di Lombok Timur? Masjid ini sangat ramai oleh para peziarah yang datang untuk mendoakan beberapa sesepuh yang dimakamkan tidak jauh dari masjid tersebut, sekaligus tentunya melakukan napak tilas masuknya agama Islam yang ada di Lombok. Masjid ini berada di kecamatan Bayan dan Desa Bayan, dan memang baru dijadikan destinasi wisata belum lama ini, setelah adanya pengamanan tambahan dan tentunya beberapa perbaikan untuk membuat masjid lebih tangguh.

Masjid ini sering sekali disebut sebagai masjid Kuno Bayan. Hal ini karena masjid dibangun sekitar ratusan tahun yang lalu dan masih terbuat dari bahan utama bebatuan dan tanah liat yang tentunya dari alam. Anda juga dapat menyaksikan bahwa dindingnya masih berupa anyaman yang disusun dengan rapi menggunakan bilah dari bambu. Hingga saat ini, Anda dapat mengunjungi Masjid kuno ini dengan bantuan pemandu wisata yang sudah Anda pilih sekaligus melakukan ziarah.

Mengunjungi Desa Adat Sebagai Tempat Wisata Di Lombok Timur Populer

Lombok memang lebih dari sekedar mengunjungi wisata pantai atau melakukan snorkling. Desa wisata yang penuh dengan kultur budaya dan adatnya yang masih kental, juga akan menjadi pengalaman bagi Anda yang mengunjungi daerah Lombok. Salah satunya adalah Desa Sade yang menjadi desa paling terkenal di Lombok. Desa ini termasuk desa yang dekat dengan jalan dan tentunya sudah memiliki akses terhadap teknologi, namun masih menjunjung tinggi nilai adat dan budaya.

Desa Sade ini masih tinggal dalam rumah adat sederhana yang terbuat dari tanah yang dicampur dengan kotoran hewan sebagai alasnya. Selain itu atap rumah masih menggunakan daun kering yang tentu menjadi salah satu ciri khas yang tidak dapat ditinggalkan dari masyarakat Lombok. Anda jangan khawatir meskipun masih memegang erat adat dan budaya, warga dari desa sudah sangat mudah untuk melakukan interaksi dengan warga sekitar.

Anda akan diajak untuk berkeliling mengenal adat apa saja yang masih dilakukan serta tentunya mengetahui kehidupan harian dari masyarakat asli Lombok. Desa Sade termasuk desa yang cukup ramai dengan memiliki kepala keluarga sekitar 150 kepala keluarga. Desa ini juga dekat dengan beberapa destinasi wisata yang tentunya dapat Anda kunjungi ketika akan berkunjung ke destinasi yang lain.

Banyak sebenarnya desa adat yang ada di Lombok. Beberapa bahkan sudah memiliki kekayaan khas daerah seperti kain tenun, lalu juga anyaman yang terkenal bahkan hingga ke luar negeri. Tidak heran jika desa adat menjadi tempat destinasi bagi wisatawan mancanegara yang ingin membawa oleh-oleh. Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan destinasi yang akan Anda datangi? Pastikan bahwa Anda mempersiapkan liburan di Lombok dengan matang agar tidak terlewat hal yang penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: