Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Keunikan Pura Lingsar Lombok Yang Harus Anda Ketahui

Pura Lingsar berada di Desa Lingsar, Kecamatan Narmada Kabupaten Lombok Barat. Pura ini adalah pura terbesar di Lombok. Dibangun sejak 1741 oleh Raja Anak Agung Ketut Karangasem dan dianggap pura yang paling suci di Lombok. Hal yang sangat unik, Pura ini merupakan gabungan antara nilai-nilai agama hindu dan Islam Wetu Telu. Latar belakang inilah Pura ini dibagi menjadi dua bagian yaitu  pada bagian Utara terdapat Pura Hindu atau Pura Gaduh, sedangkan dibagian selatan berdiri pura wetu Telu bernama Kemaliq.

Pura Lingsar Lombok, simbol toleransi beragama

Pura Lingsar LombokPura dengan luas 26 hektar ini betul-betul menunjukan harmonisasi antara agama Isalkam dan Hindu. Sehingga tak heran jika ritual 2 agama tersebut dapagt berdampingan tanpa terjadi gesekan. Sebagai simbol menjaga kesucian pura ini maka setiap pengunjung diharuskan untuk menggunakan selendang kunign sebagai tanda penghormatan.

Betapa Uniknya Tradisi “Perang Topat” Yang Dilakukan Dua Agama

Keunikan yang lainnya yaitu setiap setahun sekali ada upacara yng melibatkan umat hindu dan Islam di Pura ini. Upacara itu bernama “Perang Topat”. Dalam ritual ini mereka berperang menggunakan topat atau ketupatyang dilemparkan kepaada temannnya. Makna dari perang ini adalah sebagai tanda bersyukur atas rejeki yang selalu dilimpahkan oleh Tuhan. Biasanya ritual ini diadakan sebelum musim tanam padi dan sesudah musim penghujan.

Tradisi Ritual Perang Topat di Pura Lingsar

Selain ritual-ritual yang unik, Anda juga harus menjelajahi tempat ini. Selain Pura Gaduh dan Kemaliq, Pura Lingsar juga memiliki kolam yang yang dibangun untuk menghormati Dewa Whisnu, kolam ini bernama Telaga Ageng yang dihuni ikan suci yang menyerupai belut atau biasanya disebut “ Be Julit” yang sangat jarang sekali menampakan diri jika tidak di pancing menggunakan telur rebus. Anda juga dapat melempar uang koin membelakangi kolam sambil menyebutkan keinginan hatinya, konon keinginannya tersebut akan terkabul jika setelah melempar koin ikan yang berusia ratusan tahun tersebut dapat keluar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: