Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Keunikan Desa Sade yang Perlu Dikunjungi Wisatawan

Desa Sade merupakan salah satu desa di Lombok yang mempunyai luas sekitar 5,5 ha. Di desa inilah terdapat 150 rumah tradisional dan tiap rumahnya dihuni oleh satu kepala keluarga. Total penduduk yang tinggal di sini berjumlah kurang lebih 700 orang. Penduduk yang bermukim di Sade masih satu keturunan karena penduduknya melakukan pernikahan natar saudara. Dengan cara inilah mereka bisa menikah dengan mudah dan biayanya murah. Jika seorang lelaki Sade menikah dengan seorang wanita yang berasal dari desa lain, maka sesuai adat Suku Sasak, mereka harus memberikan mahar berupa beberapa ekor kerbau.

Bangunan Unik di Desa Sade Lombok

desa sade lombok

desa sade lombok

Setiap bangunan yang ada di Desa Sade seperti rumah, masjid, pertemuan umum, dan lumbung padi mempunyai ciri khas arsitektur dari Suku Sasak. Dinding bangunannya menggunakan pagar anyaman yang terbuat dari bambu. Atapnya dibuat dari alang-alang kering dan tiangnya pun dibuat dari kayu. Yang membuat bangunan di desa ini menjadi istimewa adalah bahwa bangunan tersebut akan menjadi sejuk saat cuaca sedang panas dan menjadi hangat pada saat malam hari.

Keunikan lainnya adalah cara perawatannya. Lantai bangunan terbuat dari tanah liat yang sudah dicampur dengan sekam padi dalam jumlah yang sedikit. Lalu seminggu sekali atau pada waktu-waktu tertentu seperti upacara adat, maka lantai rumahnya akan digosok dengan kotoran kerbau yang sudah dicampur dengan sedikit air. Lalu setelah kering pun akan disapu dan digosok menggunakan batu. Mungkin banyak orang yang akan aneh mendengar fakta bahwa mereka membersihkan lantai dengan kotoran kerbau. Namun menggunakan kotoran kerbau terbukti ampuh untuk membersihkan debu yang ada pada lantai. Selain itu, lantai akan menjadi lebih halus dan kuat. Penduduk setempat pun juga percaya bahwa menggunakan kotoran kerbau sebagai pembersih lantai akan mengusir serangga

Desa wisata ini terletak di antara gundukan perbukitan tanah liat yang jarak antar bangunannya sangat rapat namun tersusun rapi ke atas. Tiap bangunan dihubungkan oleh jalan setapak. Bagian dalam dari setiap rumah di Sade terbagi menjadi 3 bagian saja. Bagian depan untuk tempat tidur orang tua dan anak laki-laki. Untuk bagian tengahnya yang lebih tinggi 1 meter dari bagian depan untuk tempat tidur anak perempuan, dapur, dan lumbung. Lalu bagian belakang hanya terdapat sebuah ruangan yang berfungsi untuk tempat melahirkan bagi sang ibu.

Atraksi Desa Sade Lombok

rumah ada desa sade lombok

rumah ada desa sade lombok

Di desa inilah Anda bisa melihat berbagai macam atraksi budaya di waktu-waktu tertentu contohnya permainan alat musim tradisional khas Suku Sasak bernama Gendang Beleq. Anda pun juga bisa melihat Tari Presean dan Tari Cupak Gerantang yang merupakan tari tradisonal dari Lombok. Highlight dari atraksi budaya di desa ini adalah belajar menenun kain. Perempuan di sini mempunyai pekerjaan sebagai penenun kain.

Keterampilan menenun ini merupakan tradisi yang diturunkan dari generasi ke generasi. Menurut adat Suku Sasak, seorang anak gadis yang sudah dewasa tidak boleh menikah jika dia belum bisa menenun kain. Di sini lah Anda bisa melihat proses pembuatan kain songket khas Lombok. Anda bisa melihat dan belajar bagaimana membuat kain tenun. Prosesnya pun dari awal yaitu dari proses pemintaan kapas kering menjadi benang. Lalu benang tersebut akan diberikan warna dengan menggunakan bahan-bahan alami. Benang yang sudah diberi warna tersebut pun akan ditenun menjadi kain songket.

Demikianlah sekilas tentang Desa Sade merupakan desa yang masih memegang teguh budayanya. Anda bisa belajar memahami budaya Indonesia Timur di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: