Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

4 Referensi Nama Pusat Jajanan Khas Lombok

Berwisata ke Lombok belum sah rasanya jika belum membeli oleh-oleh khas kota Lombok yang begitu terkenal hingga ke berbagai kota dan mancanegara. Pusat jajanan khas Lombok pun menjadi yang diburu ketika musim libur hampir berakhir dan bersiap ke rutinitas semula. Tak hanya aneka mutiara atau kain tenun, jajanan khas Lombok pun turut diburu. Dan beberapa tempat di bawah ini layak Anda kunjungi bersama dengan keluarga saat menghabiskan waktu berlibur di pulau Nusa Tenggara Barat.

pusat jajanan khas Lombok

Inilah 6 Tempat Jajanan Khas Lombok yang Wajib dikunjungi oleh Wisatawan

  1. Mataram Craft Centre

Referensi pusat jajanan khas Lombok yang pertama adalah Mataram Craft Centre. Tempat ini terletak persis di tengah-tengah ibukota Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Mataram. Berlokasi di kawasan Sekarbela yang dekat dengan berbagai macam pusat perbelanjaan lainnya, tempat ini masuk sebagai referensi utama yang harus dikunjungi. Selain karena menjual berbagai macam cinderamata khas kota Lombok seperti kain tenun dan mutiara hitam emas, Mataram Craft Centre juga menyediakan berbagai macam jajanan pasar khas Lombok seperti dodol rumput laut, madu putih dari Sumbawa, susu kuda liar, dan lainnya. Harga yang ditawarkan pun masih berada dalam jangkauan alias relatif murah. Barang istimewa dengan harga biasa layak disematkan di tempat ini.

  1. Pasar Cakranegara

Pasar ini merupakan pasar terbesar sekaligus terlengkap yang berada di kota Lombok. Bagi Anda para backpacker yang ingin memberi oleh-oleh untuk keluarga di rumah setelah puas melancong di Lombok, pasar ini bisa menjadi alternatif. Selain karena ketersediaan semua jajanan khas Lombok dan oleh-oleh berupa kain tenun, madu, susu, dan kaos ala Lombok harganya juga bisa ditawar antara pembeli dan penjual. Mereka juga biasanya menggunakan bahasa Indonesia diselingi sedikit bahasa daerah. Jadi jangan sampai ketinggalan untuk mengunjungi pusat jajanan khas Lombok yang satu ini.

  1. Toko Cinderamata di Senggigi

Berbelanja sambil menikmati keindahan alam laut Senggigi yang sudah terkenal, rasanya akan memiliki sensasi tersendiri karena bisa berbelanja sambil mencicipi aneka jajanan ala Lombok seperti banget, wajik, goro-goro, tumbek, dan juga dodol rumput laut rasa Senggigi. Harganya pun terbilang standar. Meski dijual di daerah wisata, masyarakat Lombok tak mematok harga tinggi untuk jajanan pasar. Ini dikarenakan bahan-bahan pokok terbilang murah dan mudah.

  1. Desa Kelayu

Desa Kelayu yang terletak sekitar 20 km dari selatan Mataram merupakan salah satu pusat daerah yang menghasilkan berbagai macam pusat jajanan khas Lombok dan Nusa Tenggara Barat. Di desa ini, para pengunjung akan disajikan menu makanan daerah yang bahan utamanya terbuat dari sagu dan gandum serta jajanan pasar yang lezat menggoda selera. Tak hanya itu saja, para pelancong yang ingin membeli cinderamata di tempat ini juga bisa melihat langsung bagaimana proses pembuatan kalung mutiara putih dan hitam yang sangat terkenal tersebut. Namun tentu, harga kalungnya bisa mencapai angka jutaan rupiah tergantung bahan dan lama proses pembuatannya.

Jadi, bagi Anda yang masih penasaran dengan Lombok dan segala macamnya, tak ada salahnya mampir hanya sekedar ingin tahu. Jangan lupa, kunjungi pusat jajanan khas Lombok di atas agar bisa merasakan sensasi cita rasa makanan tradisional Indonesia yang terkenal berbeda-beda. Namun jangan lupa, siapkan dompet yang cukup tebal jika ingin membawa kain tenun ala Lombok yang cukup membuat Anda berkerut karena harganya relatif mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: