Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

5 Oleh-oleh kuliner khas Lombok yang Wajib Anda Bawa Pulang

Oleh-oleh dapat dikatakan sebagai barang bawaan wajib bila pulang dari liburan. Biasanya, orang-orang terdekat, pasangan, ataupun kolega menjadi orang yang akan diberikan buah tangan tersebut. Kebanyakan orang lebih memilih untuk memberikan oleh-oleh kuliner dibanding oleh-oleh seni. Karena pandangan fleksibelitas dan budget tentunya. Untuk Anda yang sedang berlibur dan mencari oleh-oleh kuliner khas Lombok, informasi ini dapat menjadi informasi yang cocok untuk Anda. Informasi di bawah ini, akan membantu untuk mencari oleh-oleh kuliner khas Lombok yang cocok untuk dibawa pulang.

oleh oleh kuliner khas lombok

Rekomendasi Oleh-Oleh Kuliner khas Lombok

  1. Dodol Rumput Laut

Bila Anda biasanya mendengar dodol di Pulau Jawa. Lombok juga memiliki dodol khasnya, yaitu dodol rumput laut. Dodol rumput laut ini, tentunya terbuat dari rumput laut. Dodol ini dapat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, karena mengandung banyak serat. Dodol rumput laut dapat dijadikan sebagai oleh-oleh kuliner khas Lombok. Makanan ini pun cukup awet dan tahan lama. Untuk mendapatkan dodol rumput laut khas Lombok ini, Anda cukup mengunjungi toko oleh-oleh khas Lombok.

  1. Madu Sumbawa

Salah satu oleh-oleh yang dapat dibawa pulang dari Lombok adalah Madu Sumbawa. Walaupun asalnya dari Sumbawa, madu ini cukup banyak diperjual belikan di Lombok. Sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai oleh-oleh kuliner khas Lombok yang dapat dibagikan untuk kerabat. Madu Sumbawa memiliki keunikan dibandingkan dengan madu-madu lain, yaitu madunya yang berwarna putih. Warna putih dihasilkan dari lebah yang bersarang dikarang-karang putih. Namun bila Anda lebih menyukai madu berwarna coklat, pilihan ini tetap tersedia. Harga madu sumbawa ini pun tidak terlalu mahal, cukup mengeluarkan budget 30.000 untuk ukuran kecil hingga 250.000 untuk madu ukuran besar.

  1. Susu Kuda Liar

Sama dengan Madu Sumbawa, oleh-oleh kuliner khas Lombok berikut ini berasal dari Sumbawa. Namun karena sudah cukup terkenal, Anda dapat membelinya di Lombok. Susu Kuda Sumbawa berasal dari kuda-kuda yang hidup di alam bebas Sumbawa. Susu ini bermanfaat untuk pencernaan, karena rendah protein dan mudah untuk dicerna dan dapat mengurangi pertumbuhan bakteri jahat. Oleh-oleh ini pun cukup awet untuk dijadikan buah tangan bagi kerabat jauh Anda. Namun, untuk dapat membawa pulang Susu Kuda Liar ini Anda harus merogoh kocek yang cukup dalam. Karena satu botol susu kuda liar dihargai 100-600.000 ribu per botonya.

  1. Terasi Bakar Lombok

Laut Lombok tidak pernah berhenti memberikan kejutan. Di mulai dari kekayaan ikan, mutiaranya, hingga rumput lautnya pun dapat digunakan. Salah satu hasil olahan laut yang dapat dijadikan oleh-oleh kuliner khas Lombok lainnya adalah terasi bakar Lombok. Banyak orang yang penasaran dengan bumbu dari Ayam Taliwang, mungkin salah satunya Anda. Sebuah informasi untuk yang penasaran, konon terasi Lombok inilah yang membuat rasa Ayam Taliwang Lombok begitu menggoda. Untuk Anda yang ingin mencoba memasak Ayam Taliwang di rumah, tidak ada salahnya untuk membeli dan membawa pulang bumbu ini.

Oleh-oleh kuliner khas Lombok tersebut dapat Anda jadikan pilihan buah tangan untuk kerabat dan kolega. Tidak perlu khawatir dan bingung untuk mencari kelima oleh-oleh tersebut. Karena oleh-oleh ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional ataupun toko-toko yang Anda kunjungi. Demikianlah informasi yang dapat disampaikan tentang oleh-oleh kuliner khas Lombok. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan membantu untuk memilih oleh-oleh untuk kerabat Anda. Selamat berlibur dan happy shopping!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: