Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

4 Rekomendasi Oleh-oleh Seni khas Lombok

Kepergian Anda untuk berwisata, biasanya disertai dengan buah tangan untuk kerabat terdekat dan kolega. Biasanya oleh-oleh yang dibawa dapat berupa kesenian khas dari tempat wisata. Di sisi lain, banyak pula orang yang lebih memilih oleh-oleh kuliner khas daerah. Sama dengan tempat wisata lainnya, Lombok juga memiliki buah tangan khas yang dapat Anda bawa pulang. Lalu, apakah oleh-oleh seni khas Lombok yang dapat dibawa pulang? Berikut informasi oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang dan bagikan untuk kerabat.

oleh oleh seni khas lombok

4 Oleh-Oleh Seni khas Lombok

  1. Kain Tenun Lombok

Kain hasil tenun Lombok yang paling terkenal adalah kain Songket. Oleh-oleh seni khas Lombok ini sudah terkenal hingga mancanegara. Jadi, Anda wajib untuk membelinya bila sedang berlibur di Lombok. Kain tenun Lombok, memiliki harga yang cukup terjangkau. Kisaran harga terendah kain tenun Lombok berada di angka 100.000. Harga tersebut akan terus meningkat sesuai dengan motif dan kehalusan kain. Harga akan semakin mahal juga bila terdapat benang emas diantara tenunan kain tersebut. Selain bahan kain, wisatawan dapat membeli kain yang telah diolah, seperti kemeja, syal, pasmina, dan yang lainnya. Bila Anda ingin mendapatkannya, kunjungilah Desa Adat Sade.

  1. Tembikar dari Desa Banyumulek

Untuk Anda yang menyukai kesenian tembikar, kunjungilah Desa tembikar Banyumulek. Banyumulek berada di Kecamatan Kediri, Lombok Barat. Barang seni yang dapat ada di tempat ini berupa perabotan unik yang dihiasi kulit kerang mutiara. Desa Banyumulek sendiri adalah industri gerabah yang cukup terkenal di Lombok. Penduduk Desa Banyumulek 80% adalah pengrajin tembikar. Oleh karena itu, Anda dapat segera mencari tembikar terbaik untuk Anda jadikan oleh-oleh seni khas Lombok bagi kerabat. Contoh tembikar yang dibuat di daerah ini berupa gentong, anglo, kuali, periuk, piring dan lain-lain.

  1. Mutiara Lombok

Selain kulitnya yang dimanfaatkan, mutiara Lombok juga dapat dijadikan oleh-oleh untuk kerabat. Mutiara Lombok diambil asli dari laut Lombok dan dijadikan beragam perhiasan, seperti gelang, kalung ataupun anting-anting. Namun harga mutiara Lombok cukup mahal, di mana mutiara dihitung per gram. Sedangkan untuk harga per gramnya mutiara Lombok dihargai mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bila memiliki budget yang cukup, mutiara-mutiara Lombok dapat dipercantik untuk menjadi aksesoris atau perhiasan yang indah. Oleh-oleh seni khas Lombok ini dapat dijadikan pilihan untuk rekan dan relasi bisnis Anda.

  1. Kerajinan Rotan dan Bambu

Hampir sama dengan ukiran kayu, Lombok juga memiliki sentra kerajinan rotan dan bambu. Kerajinan rotan dan bambu, akan banyak di temui didaerah Lombok Timur. Jenis kerajinan rotan yang dapat Anda jadikan oleh-oleh berupa tas, hiasan dinding dan yang lainnya. Sementara kerajinan bambu berupa asbak, hiasan lampu, piring, hiasan dinding tas dan sebagainya. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas dari kerjinan-kerajinan ini, karena kerajinan ini sudah cukup eksis di pasaran Indonesia maupun mancanegara. Walaupun sudah eksis hingga mancanegara, harga untuk kerajinan rotan dan bambu tetap pas di kantong.

Sebenarnya, masih cukup banyak oleh-oleh seni khas Lombok yang dapatĀ  dijadikan buah tangan untuk kerabat terdekat. Anda cukup menyusuri pasar-pasar tradisional atau ketika berkunjung di tempat wisata, menyempatkan untuk berkunjung ke toko-toko sekitar. Dengan demikian, Anda akan menemui beragam pilihan oleh-oleh. Namun Anda tetap harus mengingat budget dan bagasi pesawat Anda. Demikianlah, informasi yang bisa diberikan mengenai oleh-oleh seni khas Lombok. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mencari oleh-oleh untuk kerabat dan oraang terdekat Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: