Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Wisata Untuk Anak di Lombok Barat

Wisata ramah anak di Lombok dapat menjadi pilihan objek wisata yang dikunjungi keluarga. Wisata untuk anak di Lombok Barat adalah salah satunya. Berwisata bersama keluarga yang membawa serta anak kecil seharusnya dilakukan di tempat wisata yang ramah anak. Wisata yang menantang seperti air terjun atau pantai dengan medan yang berliku jelas dapat membahayakan anak-anak. Di Pulau Lombok, terdapat satu wisata untuk anak tepatnya di Lombok Barat. Wisata Lombok ini juga tetap menawarkan keindahan alam. Selain itu,  pengunjung juga dapat mempelajari sejarah kerajaan di masa lampau. Namanya adalah Taman Narmada. Keunikan taman ini sekaligus karena ia merupakan miniatur atau replika dari Gunung Rinjani. Selengkapnya mengenai Taman Narmada akan dibahas di bawah ini.

Taman Narmada Sebagai Wisata Untuk Anak di Lombok

objek wisata taman narmada lombok

objek wisata taman narmada lombok

Taman Narmada yang merupakan replika Gunung Rinjani ini dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem saat ia tak kuat lagi memanjat Gunung Rinjani. Wisata untuk anak di Lombok ini terletak di Desa Lembuak dan termasuk dalam Kabupaten Lombok Barat. Nama Narmada diambil dari anak sungai Gangga yang ada di India. Artinya adalah mata air atau disebut juga sumber kehidupan. Luas taman ini hampir tiga hektar dan dibangun pada 1727. Awalnya,Taman Narmada dibuat untuk tempat pemujaan serta peristirahatan raja di musim kemarau. Dan juga Taman Narmada sering digunakan sebagai tempat upacara keagamaan untuk umat Hindu. Penduduk pribumi Pulau Lombok yang memeluk agama Hindu awalnya akan merayakan Upacara Pujawali dengan cara menaiki Gunung Rinjani kemudian memberika sesaji pada dewa di puncaknya. Upacara ini sendiri termasuk dalam upacara persembahan untuk Ida Bhatara. Namun karena alasan usia raja yang sudah tua serta tidak sanggup lagi untuk mendaki Gunung Rinjani setinggi 3726 mdpl, dibangunlah Taman Narmada sebagai replika dari Gunung Rinjani. Raja akan berdoa di taman yang kini menjadi wisata untuk anak di Lombok ini, sementara larung sesaji dilakukan oleh para abdinya di Segara Anakan. Untuk masuk ke dalam Taman Narmada, wisatawan cukup membayar tiket masuk sehagr Rp6.000 saja. Biaya yang sangat terjangkau untuk menikmati keseluruhan taman seluas 3 hektar ini.

Menikmati Keindahan Wisata Untuk Anak di Lombok Taman Narmada

wisata untuk anak di Lombok

Objek Wisata Lombok Barat

Saat memasuki wisata untuk anak di Lombok Taman Narmada, wisawatan dapat masuk ke dalam Bale Terang yang bentuknya seperti rumah panggung. Bagian bawah dari bale ini memiliki fungsi sebagai gudang serta bagian atasnya terdapat tiga bagian, yaitu dua kamar pada ujung utara serta satu kamar di ujung selatan sebagai kamar permaisuri. Yang membedakan kamar permaisuri ialah adanya lukisan kera di bagian atas kamar permaisuri Bali serta lukisan naga di permaisuri Lombok. Bagian tengahnya berupa ruang terbuka yang menghadap ke timur serta pemandian untuk para selir. Terdapat pula Telaga Ageng yang dijadikan replika dari Segara Anakan serta di sebelahnya adalah tempat pemandian raja. Kini pemandian tersebut berubah menjadi kolam renang untuk umum. Pengunjung juga dapat melihat Pura Narmada dengan bentuk seperti punden berundak. Pura ini sekaligus menjadi salah satu pura tertua yang ada di Lombok dan letaknya berhadapan dengan Bale Terang. Salah satu bagian wisata untuk anak di Lombok ini yang sering dikunjungi wisatawan ialah Balai Petirtaan. Mata airnya konon berasal dari Gunung Rinjani serta menjadi tempat dari pertemuan tiga sumber mata air, yaitu Lingsar, Narmada serta Suranadi. Agar bisa masuk ke Balai Petirtaan ini, wisatawan harus menggunakan selendang berwarna kuning. Air di Balai Petirtaan dipercaya bisa membuat seseorang awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: