Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Wisata Unik di Lombok yang Tidak Boleh Dilewatkan

Pulau Lombok tak sekedar menyajikan pantai dan laut yang menawan. Beberapa wisata unik di Lombok turut tersaji dan tidak boleh dilewatkan saat tengah berkunjung kemari. Berkunjung ke Lombok umumnya tidak jauh-jauh dari mengunjungi pantai, gili, dan menyelam di kedalaman laut. Selain beberapa aktivitas di atas, ternyata masih ada wisata unik  yang sayang apabila dilewatkan. Wisata satu ini adalah desa wisata khas Lombok. Tentunya bukan sekadar desa wisata di mana pengunjung bisa menikmati udara segar khas pedesaan. Di desa wisata ini, masyarakatnya masih mempertahankan keaslian budaya Suku Sasak. Pengunjung akan dibuat kagum saat melihat budaya Suku Sasak terlihat kental di bangunan rumah penduduk dan keseharian warganya. Nama desa ini adalah Desa Sade. Lokasi tepatnya ada di Desa Rembitan, Lombok Tengah.

Mengenal Wisata Unik di Lombok Desa Sade

wisata unik di Lombok

Wisata Dusun Sade

Desa Sade telah terkenal sebagai salah satu desa yang hingga kini masih mempertahankan adat asli Suku Sasak. Bahkan, kepopuleran wisata unik di Lombok ini telah sampai ke telinga wisawatan mancanegara. Dinas Pariwisata setempat juga telah menjadikan Desa Sade sebagai desa wisata. Hal ini tentu tak terlepas dari keunikan Desa Sade serta Suku Sasak yang menjadi penghuninya. Sebagai desa wisata, tentunya Desa Sade memiliki keunikan tersendiri. Letaknya persis di samping jalan raya yang sudah beraspal serta mulus. Namun, penduduk Desa Sade masih tetap berpegang teguh pada tradisi adat guna menjaga keaslian desa. Bisa dibilang, Sade ialah cerminan dari suku asli Sasak yang mendiami Lombok. Listrik memang telah masuk ke Desa Sade, begitu pula dengan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat atau PNPM. Namun, masyarakat Desa Sade masih tetap menyuguhkan suasana perkampungan asli dari pribumi Lombok. Hal ini bisa dilihat dari bangunan rumah-rumahnya yang terbilang sangat tradisional. Atap rumah terbuat dari ijuk dan kuda-kudanya menggunakan bambu tanpa dipaku. Temboknya pun terbuat dari anyaman bambu serta langsung menggunakan alas tanah. Orang Sasak di Sade menyebut rumah ini sebagai bale. Keunikan ini turut menjadi daya tarik tersendiri dari wisata unik di Lombok ini.

Kehidupan Masyarakat Desa Sade Wisata Unik di Lombok

Wisata Desa Sade

Terdapat sedikitnya delapan bale yang ada di wisata unik di Lombok Desa Sade. Kedelapan bale tersebut ialah Bale Tani, Bonter, Jajar Sekenam, Beleq, Tajuk, Berugag serta Bencingah. Bale-bale tersebut dibedakan menurut fungsinya masing-masing. Selain itu, ada sekitar seratus lima puluh kepala keluarga atau KK yang mendiami Desa Sade. Dulunya, banyak penduduk yang menganut agama Islam Wektu Telu, atau umat Islam yang hanya menjalankan sholat tiga kali dalam sehari. Namun ini, sudah banyak penduduk Sade yang meninggalkan Wektu Telu serta memeluk Islam sepenuhnya. Keunikan lain dari Desa Sade yang hanya bisa ditemukan di sini adalah warga desanya memiliki kebiasaan mengepel lantai dengan menggunakan kotoran kerbau. Kebiasaan mengepel lantai menggunakan kotoran kerbau ini karena dulunya belum dikenal plester semen. Orang Sasak Sade kemudian menggunakan kotoran kerbau. Kini, sebagian dari warga Sade telah menggunakan plester semen, namun kotoran kerbau tetap diolesi di atasnya. Konon, cara ini akan membuat lantai rumah menjadi lebih hangat serta dijauhi nyamuk. Kotoran kerbau itu sendiri tidak dicampur bahan apapun kecuali air sedikit saja. Namun saat berjalan masuk ke dalam rumah, tidak tercium bau kotoran kerbau yang menyengat. Itulah hebatnya wisata unik di Lombok ini sehingga sayang untuk dilewatkan. Tidak heran apabila banyak orang yang ingin mengunjunginya, tidak hanya wisatawan lokal namun juga mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: