Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Mempelajari Kebudayaan Suku Sasak Lombok di Desa Sade

Satu hal yang banyak dicari oleh wisatawan adalah mengetahui dan mempelajari hal baru di daerah yang mereka kunjungi. Banyak para wisatawan yang tidak hanya ingin merasakan liburan yang menyenangkan saja tetapi juga ingin liburan yang unik dan melihat kebudayaan yang berbeda dari tempat yang dikunjunginya. Jika Anda berkunjung ke Lombok, Anda dapat mempelajari kebudayaan suku asli yang berdiam di Lombok melalui desa wisata Sade. Suku Sasak Lombok adalah suku asli yang ada di pulau Lombok. Desa Sade merupakan salah satu desa wisata yang penduduknya masih menjaga adat istiadat suku Sasak yang dapat Anda kunjungi untuk mengetahui dan mempelajari bagaimana menariknya budaya suku Sasak yang ada di Lombok ini.

suku sasak lombok

suku sasak lombok

Desa Sade dan suku Sasak Lombok

Desa Sade merupakan sebuah desa yang sebagian besar penduduknya adalah suku Sasak Lombok. Desa ini berada di kecamatan Pujut kabupaten Lombok Tengah. Desa ini menjadi sebuah desa wisata karena penduduknya masih sangat menjunjung tinggi budaya asli suku Sasak. Di desa ini, Anda juga bisa menemukan para penenun kain tenun khas Lombok yang masih dibuat dengan cara tradisional. Saat Anda masuk ke kawasan desa Sade, Anda akan disambut dengan rumah adat khas suku Sasak yang unik. Rumah adat tersebut berbentuk panggung dan terbuat sepenuhnya dari kayu dan bambu dengan atap dari jerami dan alap alap. Satu hal yang sangat menarik dari suku Sasak adalah cara mereka merawat kebersihan rumah. Untuk membuat lantai rumah mereka tetap awet dan terjaga kekerasannya, suku Sasak justru menggunakan kotoran kuda dan abu jerami yang mereka oleskan pada periode tertentu. Untuk pembangunan rumahnya sendiri masih menggunakan perhitungan yang berdasarkan primbon dan tajul muluk untuk menentukan hari baik.

rumah ada desa sade lombok

rumah ada desa sade lombok

Suku Sasak Lombok juga masih dipimpin oleh pemimpin adat. Setiap kali akan melakukan sesuatu yang besar, masyarakat akan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pemimpin adat. Misalnya saja saat akan membangun sebuah rumah. Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan di desa budaya ini. Anda bisa berjalan menyusuri desa melalui gang-gang berundak yang sempit dan melihat suasana desa yang nyaman. Anda juga bisa berinteraksi dengan penduduk sekitar dan menanyakan berbagai hal yang membuat Anda penasaran seperti bentuk rumah yang unik dan sebagai nya. Anda juga bisa melihat langsung cara menenun kain songket Lombok yang terkenal akan kualitasnya. Selain itu, Anda bisa juga ikut membantu mengeraskan lantai dengan kotoran kerbau atau kuda jika Anda penasaran dan merasa tertantang untuk mencobanya. Kehidupan yang masih tradisional dengan adat istiadat yang masih terjaga membuat kawasan ini menjadi sebuah kawasan yang cantik dan menarik.

Lokasi desa suku Sasak Lombok

Desa Sade sebagai desa suku Sasak Lombok berada sejalur dengan kawasan wisata Lombok lainnya. Sehingga Anda bisa mengunjungi desa tersebut sejalan dengan mengunjungi kawasan wisata lainnya yang juga menarik. Lokasi desa Sade sangat berdekatan dengan lokasi pantai Kuta Lombok dan pantai Tanjung Aan. Anda bisa mengunjungi desa ini sembari mengunjungi wisata pantai Kuta dan Tanjung Aan yang indah.

pantai tanjung aan lombok

pantai tanjung aan lombok

Berlibur tidak hanya untuk menghilangkan penat saja, tetapi juga dapat menjadi bermanfaat dengan mempelajari budaya baru di tempat yang kita singgahi. Seperti halnya jika kita berkunjung ke desa Sade. Anda akan mendapatkan liburan yang menyenangkan sekaligus menambah pengetahuan baru mengenai suku Sasak Lombok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *