Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Desa Sukarara, Desanya Para Penenun Lombok

Lombok kini menjadi salah satu destinasi wisata terkenal yang kepopuleran nya hampir menyamai Bali. Hal ini karena di Lombok seperti halnya di Bali, memiliki destinasi wisata yang sangat lengkap. Ada kawasan pegunungan lengkap dengan danau indah dan spektakuler, banyak pantai bertebaran di tiap penjuru pulau, pulau-pulau kecil menawan hati, dan tidak ketinggalan desa-desa yang masih menjaga adat istiadat leluhur. Hal ini membuat Lombok mampu bersanding dengan pulau Bali sebagai pulau yang memiliki paket wisata lengkap dan siap dijelajahi para wisatawan kapan saja. Kelengkapan akomodasi dan fasilitas wisata pun kini terus diperbaiki dan dilengkapi oleh pemerintah daerah guna membuat wisatawan menjadi semakain nyaman berlibur ke Lombok. Banyak juga investor yang mulai tertarik untuk membangun banyak akomodasi yang mendukung tempat wisata seperti penginapan hingga restaurant. Salah satu desa budaya yang dapat dikunjungi oleh wisatawan adalah desa Sukarara. Apa saja yang dapat kita temukan di desa ini? Mari kita simak bersama.

desa sukarara

desa sukarara

Keunikan Desa Sukarara

Desa Sukarara adalah salah satu desa yang terkenal sebagai produsen kain tenun khas Lombok yang memiliki motif cantik dan menawan hati. Jika Anda berkunjung ke desa ini, Anda dapat melihat proses pembuatan kain tenun yang masih dilakukan secara tradisional oleh para ibu rumah tangga di desa tersebut. Alat yang digunakan merupakan alat tenun tradisional yang memerlukan keahlian khusus untuk menjalankannya. Ada banyak kain tenun yang dibuat untuk berbagai produk di sini. Mulai dari kain yang dijual untuk pakaian sampai dengan kain yang digunakan untuk hal lain seperti selimut, taplak meja, dan selendang. Karena dibuat dengan cara yang masih manual, kualitas tenunannya pun sangat baik dan memiliki motif yang masih khas dan terjaga.

desa sukarara tenun lombok

Selain melihat-lihat proses pembuatannya, Anda juga bisa mencoba untuk merasakan bagaimana cara menggunakan alat tenun. Di desa Sukarara ini, Anda tidak hanya akan mendapati wanita yang melakukan kegiatan menenun, ada juga sebagian pria yang ikut menenun. Biasanya para wanita akan menenun kain jenis songket sedangkan para pria menenun kain jenis ikat. Walaupun dahulu ada mitos yang berkembang bahwa pria yang menenun tidak akan memiliki keturunan, namun kini mitos tersebut sudah mulai dilupakan. Untuk menenun sebuah kain, dibutuhkan bahan dasar berupa benang-benang dengan berbagai jenis yang sebagian besar didatangkan dari luar pulau Lombok. Benang tersebut mulai dari benang jenis nilon, katun, benang perak, sutra, dan benang mersis. Untuk pewarnanya, masih menggunakan cara tradisional dan bahan-bahan yang tradisional pula seperti kulit kayu mahoni, kunyit, dan lain sebagainya. Untuk warna yang sulit didapat, ada juga penenun yang menggunakan benang yang sudah berwarna.

Cara Mencapai Desa Sukarara

Untuk mencapai desa Sukarara ini, Anda bisa berkendara dengan melalui rute Mataram ke arah Cakaranegara, kemudian Kediri sebelum sampai ke Sukarara. Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk mencapainya. Anda bisa menggunakan angkutan jurusan Mataram ke Bertais. Kemudian dari bertais menggunakan angkutan umum jurusan Praya dan turun di terminal Renteg. Dari terminal, Anda bisa menggunakan cidomo untuk menjangkau desa Sukarara.

Ada berbagai motif kain tenun Lombok yang dapat Anda beli di desa Sukarara dengan harga yang bervariasi tergantung dari jenis kain, motif, dan sebagainya. Jika Anda ingin berburu buah tangan khas Lombok yang lain dari yang lain, berkunjung ke desa ini adalah pilihan yang tepat. Yukk segera tentukan paket liburan Lombok Anda bersama kami, pasti akan lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: