Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Taman Mayura, Pura Cantik di Lombok

Pura taman Mayura adalah sebuah pura yang dibangun tahun 1744 yaitu pada masa pemerintahan raja A.A. Made Karangasem. Pura yang pada awalnya bernama taman Kelepug ini dipugar dan direnovasi oleh raja selanjutnya yaitu raja A.A. Ngurah Karangasem dan diganti namanya menjadi pura Mayura pada tahun 1866. Mayura sendiri memiliki arti burung merak dalam bahasa sansekerta. Dinamakan demikian karena pada masa itu, pura tersebut memelihara banyak burung merak sebagai salah satu cara untuk mengusir ular yang kerap berkeliaran di sekitar pura dan mengganggu mereka yang hendak beribadah serta meresahkan warga. Kata Mayura kemudian menjadi populer untuk menyebut pura tersebut. Bagi Anda yang mengunjunginya, kata merak juga dapat digunakan untuk menggambarkan kecantikan pura ini, seperti halnya burung merak yang cantik pura ini sangat layak Anda kunjungi sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik.

taman mayura

taman mayura

Hal yang Menarik di Taman Mayura

Ketika Anda memasuki taman Mayura, Anda akan disambut dengan perasaan yang unik. Anda akan merasakan perpaduan antara keindahan alam dengan suasana yang masih sejuk asri, dipadu dengan suasana religius yang kental dan suasana bangunan bersejarah yang indah. Area taman ini dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama adalah bagian taman dan yang kedua adalah bagian pura. Jika Anda mengunjungi bagian taman, Anda akan disuguhi taman yang dirawat dengan baik dengan susunan yang rapi dan elok yang membuat Anda merasa nyaman dan damai. Taman sendiri dikelilingi oleh pohon buah manggis dengan rumput yang terhampar rapi dan terawat di dalamnya. Di taman ini juga terdapat sebuah kolam yang pada bagian tengahnya dibangun sebuah bangunan yang dinamai Rat Kerte atau biasa juga disebut dengan gili karena menyerupai pulau kecil di tengah kolam. Di bangunan yang berada di tengah kolam ini lah, dahulu para petinggi kerajaan berkumpul untuk rapat atau pertemuan dan juga untuk menjamu para tamu kerajaan.

taman mayura lombok

taman mayura lombok

Jika kita berjalan menyusuri kolam, pada bagian hulu kolam Anda akan menemukan bagian pura. Bagian pura ini memang relatif lebih kecil dan sering kali luput dari perhatian pengunjung yang takjub dengan pemandangan taman yang sangat luas dan cantik. Namun, sebenarnya, roh atau inti dari taman Mayura ini adalah bagian pura itu sendiri. Ada 4 pura utama yang berdiri di kompleks tersebut. Adapun nama dari keempat pura tersebut adalah Pura Ngelurah, Pura Gunung Rinjani, Pura Gedong, serta Pura Padmasana. Pura Gedong adalah pura yang biasa digunakan sebagai tempat ibadah umat hindu dari seluruh dunia. Walaupun merupakan tempat ibadah, para wisatawan diizinkan untuk memasuki kawasan pura ini dan mempelajari sejarahnya. Pura ini hanya ditutup untuk umum pada waktu tertentu saja misalnya pada hari raya atau perayaan Galungan, Kuningan, dan perayaan umat hindu lainnya.

Letak Taman Mayura

Pura taman Mayura ini berada di sekitar kompleks pertokoan yang ada di daerah Cakranegara Mataram dan dapat dijangkau dengan mudah dengan menggunakan kendaraan baik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Hanya memakan waktu sekitar 15 menit dari pusat kota Mataram, Anda sudah bisa mencapai pura cantik ini.

Bagi Anda yang singgah di kota Mataram dan tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengunjungi tempat wisata yang jauh, Anda bisa mengunjungi pura taman Mayura ini. Pemandangannya yang indah dan asri dapat menjadi pelepas penat Anda setelah berkegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: