Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Dusun Sade, Tempat Wisata di Lombok Yang Menarik

Sebagai desa tradisional, Desa Sade yang berada di Rambitan, Lombok Tengah ini masih mempertahankan budaya asli Lombok. Hal ini terlihat dari rumah-rumah penduduk yang masih dibangun menggunakan konstruksi bambu serta atap berbahan daun alang-alang. Penghuninya juga masih bermatapencaharian sebagai petani. Jumlah penduduk juga relatif tidak akan bertambah karena keluarga yang baru saja menikah akan membangun rumah di tempat lain ataupun mewarisi rumah dari orang tuanya. Selain arsitektur rumah, hal lain yang menjadikan Desa Sade sebagai tempat wisata di Lombok yang menarik adalah sistem sosial serta kehidupan keseharian mereka. Masyarakat Desa Sade masih sangat kental akan tradisi masyarakat Suku Sasak pada tempo dulu.

tempat wisata di Lombok yang menarik

Keunikan Tempat Wisata di Lombok Yang Menarik

Desa Sade terutama dapat mewakili Desa Wisata di Nusa Tenggara Barat. Masyarakat desa ini masih merupakan Suku Sasak sepenuhnya. Selain itu, mereka juga masih memegang teguh tradisi serta adat istiadat setempat. Rumah adat khas dari Suku Sasak juga masih terlihat kokoh di kawasan Desa Sade. Suku Sasak sendiri merupakan penduduk asli serta mayoritas dari masyarakat pulau Lombok. Kebudahaan masyrakatnya terekam di kitab Nagara Kartha Gama dari Majapahit. Rumah adat suku Sasak misalnya, masih sangat dipertahankan karena merupakan hal penting dalam kehidupan manusia. Inilah yang menjadikan Desa Sade sebagai tempat wisata di Lombok yang menarik, yaitu karena kearifan lokal yang masih terus dijaga.

desa sade lombok

desa sade lombok

Rumah adat dari Suku Sasak terbuat dari bahan jerami serta dindingnya dari anyaman bambu. Lantainya terbuat dari kotoran kerbau serta abu jerami. Campuran ini akan membuat tanah menjadi keras seperti semen. Cara pembuatan lantai ini juga sudah diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang. Bahan bangunan didapat dari lingkungan sekitar tempat tinggal. Bagian-bagian kayu akan disambung menggunakan paku yang terbuat dari bambu. Rumah Suku Sasak sendiri rata-rata hanya memiliki satu pintu dan tidak ada jendelanya. Pintunya sendiri ukurannya kecil serta rendah. Keunikan ini hanya bisa ditemukan di tempat wisata di Lombok yang menarik.

Pembangunan Rumah Tempat Wisata di Lombok Yang Menarik

rumah ada desa sade lombok

rumah ada desa sade lombok

Konsep pembangunan rumah adat Suku Sasak ini tetap dipertahankan pada karakteristik tradisionalnya. Walau begitu, fungsi serta bentuk fisiknya telah mengalami sedikit perubahan sebagai hasil dari perubahan pengetahuan, faktor keamanan, topografis, geografis hingga pertambahan jumlah penghuni. Untuk menjaga kelestarian dari rumah adat ini, orang tua dari Suku Sasak umumnya akan menggelar pesta tiap kali ada anak-anaknya yang hendak membangun rumah. Anak Suku Sasak yang ingin membangun rumah di daerah setempat maka harus mempertahankan model serta bahan bangunan. Namun jika hendak membangun rumah yang lebih modern maka harus keluar dari tempat wisata di Lombok yang menarik ini.

Waktu pembangunan rumah adat Suku Sasak ini biasanya akan berpedoman pada hari baik. Hari baik ini akan ditanyakan pada pimpinan adat setempat. Orang Sasak meyakini bahwa hari baik biasanya jatuh pada bulan ketiga serta keduabelas dalam kalender Sasak atau Islam yaitu Rabiul Awal serta Dzulhijjah. Pantangan untuk membangun rumah adalah pada bulan Muharram serta Ramadhan. Orang Sasak juga terkenal selektif dalam memilih tempat pembangunan rumah. Mereka turut meyakini adanya tempat yang kurang tepat sehingga akan mengakibatkan hal yang kurang baik. Rumah adat yang ada di tempat wisata Lombok yang menarik ini juga akan dibangun pada ukuran yang sama serta tidak berlawanan arah dengan rumah lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: