Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Tips Menikmati Wisata Tersembunyi Air Terjun Tiu Kelep

Wisata lombok yang eksotis – tersembunyi air terjun tiu kelep bisa menjadi rekomendasi wisata yang cukup unik dan menarik untuk dikunjungi di Lombok. Selain sendang gile, Lombok Utara juga memiliki lokasi air terjun yang tak kalah indah yakni tiu kelep. Ini adalah lokasi wisata yang masih sama seperti ar terjun sendang gile yakni di desa senaru kecamatan bayan Lombok Utara NTB. Lokasi ini memang cukup seru untuk ditelusuri mengingat memang ada banyak sekali keindahan yang bisa dinikmati di sepanjang jelan sebelum sampai di lokasi wisata itu. Jika anda memang akan berkunjung dan menikmati keindahan wisata disana, sebaiknya anda bisa mengetahui dengan baik beberapa tips tertentu terlebih dahulu.

Kenapa Air Terjun Tiu Kelep Disebut Wisata Tersembunyi?

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Sebelum berbicara mengenai tips wisata tersembunyi air terjun tiu kelep, akan lebih baik jika kita ketahui terlebih dahulu kenapa disebut wisata tersembunyi. Dari banyak sumber terpercaya disebutkan bahwa lokasi dari air terjun ini berlokasi di tempat yang memang tersembunyi yakni di dalam hutan. Hutan tersebut masih termasuk pada teritorial dari taman nasional Gunung Rinjani yang masih sangat alami dan lestrari. Akan tetapi meski memang lokasinya di tempat yang tersembunyi, namun akses menuju ke lokasi itu, kini sudah mulai diperbaiki sehingga memang akan sangat mudah dijangkau oleh wisatawan yang memang tertarik untuk berkunjung kesana.

Asal Usul Nama Air Terjun Tiu Kelep

Sebelumnya, kita akan sangat baik untuk mengetahui asal usul nama air terjun tersebut. Berdasarkan cerita, nama air terjun itu diambil dari bahasa suku sasak yakni tiu yang artinya adalah kolam dan kelep artinya berterbangan. Dengan begitu bisa dikatakan bahwa maksudnya adalah air yang berterbangan seperti buih yakni dari atasa tebing arit terjun tersebut. Bahkan sering juga terlihat sorotan pelangi dari jatuhan air terjun yang jatuh dari atas tebing tersebut terutama jika ada hujan panas yang terjadi. Itulah yang menyebabkan air terjun tersebut dinamai dengan nama demikian.

Pahami Aksesibilitas Air Terjun Tiu Kelep

Tips Wisata Air Terjun Tiu Kelep

Tips Wisata Air Terjun Tiu Kelep

Sebelum anda memutuskan pergi kesana, sebaiknya anda pahami aksesibilitas untuk bisa mencapai lokasi air terjun itu. Hal yang harus anda ketahui adalah bahwa akses ke lokasi itu tidak ada angkutan umum melainkan anda harus menggunakan rental mobil atau motor. Biar lebih cepat memang anda bisa menggunakan kendaraan motor yang jaraknya kurang lebih sekitar 2 jam dari mataram. Selain aksesibilitas ada beberapa fasilitas juga yang bisa anda temukan disana. Akan tetapi belum ada hotel disana melainkan anda harus menyewa homstay di rumah-rumah warga yang direntalkan. Jika ingin menginap sebaiknya di kota mataram saja karena disana ada banyak hotel dan penginapan.

Saran Penting Bagi Wisatawan

Selanjutnya, ada beragam saran penting yang harus diketahui dan kemudian dipraktekan oleh anda dan siapa saja yang memang akan berkunjung kesana. Jika anda pergi kesana sebaiknya anda bawa makanan dan minuman sendiri dari kota mataram, atau anda bisa berhenti terlebih dahulu di jalan menuju lokasi. Selain itu, anda bisa bawa barang bawaan seadanya saja jangan terlalu banyak karena akan menyulitkan anda nantinya. Disamping itu, jika memasuki musim hujan, sebaiknya anda memabawa jas pribadi untuk melindungi tubuh anda jika hujan datang. Lalu, anda jangan lupa untuk bawa beberapa peralatan dan kebutuhan kesehatan yang mungkin saja nantinya dibutuhkan. Sebaiknya anda perhatikan beberapa saran tersebut dengan baik agar anda bisa sampai ke lokasi itu dengan sangat baik.
Beberapa informasi dan tips diatas bisa menjadi panduan bagi siapa saja yang akan melakukan aktivitas wisata tersembunyi air terjun tiu kelep. Anda bisa menikmati keindahan lokasi air terjun dengan seru jika anda menyiapkan persiapannya dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: