Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Berkunjung Sendang Gile dan Tiu Kelep Air Terjun di Lombok

Tak kalah tenar dari pantai yang ada di Lombok air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini juga menjadi andalan wisata Lombok.Bagi Anda yang memiliki jiwa berpetualang Anda jangan sampai melewatkan wisata air terjun di Lombok satu ini.Di Lombok bagian utara memiliki jumlah air terjun yang cukup banyak namun dua yang terpopuler adalah Sendang Gile dan Tiu Kelep.Bahkan banyak dari biro wisata yang menawarkan paket wisatanya ke dua air terjun ini.Air Terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep berada di satu lokasi tepatnya di Desa Senaru pada Kecamatan Bayan Lombok Utara. Air terjun Tiu Kelep berada tepat diatas Sendang Gile dimana keduanya memiliki satu aliran sungai yang sama.

Sendang Giledan tiu kelep

Sendang Giledan tiu kelep

Perjalanan Air Terjun di Lombok Sendang Gile dan Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep

Desa Senaru di Kecamatan Bayan Lombok Utara ini merupakan trek pendakian dari Gunung Rinjani. Dari Kota Mataram sendiri sekitar 2,5 jam perjalanan untuk mencapai lokasi. Terdapat dua jalur perjalanan untuk mencapai lokasi yaitu jalur Senggigi dan jalur Pusuk.Rute pesisir barat ini melalui kawasan Senggingi dimana bila melewati jalur ini maka sepanjang jalan akan dimanjakan dengan keindahan pantai dan melintasi Bukit Malimbu. Setikar 2 jam perjalanan untuk mencapai lokasi, namun rute ini tidak bisa ditempuh dengan angkutan umum. Hanya wisatawan yang menggunakan biro travel atau menyewa mobil saja. Oleh karena itu, kami sarankan bagi pengunjung yang ingin ke air terjun ini untuk menggunakan jasa tour. Untuk jalur Pusuk maka Anda akan melintasi Hutan Baun Pusuk dimana pemandangan sawah hijau dan pegunungan akan menemani perjalanan sekitar 2,5 jam.Jalur ini dapat ditempuh menggunakan angkutan umum.

Setelah sampai di kawasan Desa Senaru untuk dapat mencapai wisata air terjun di Lombok ini Anda dapat memilih jalur utama atau jalur irigasi. Jalur utama melewati gerbang utama dimana akan menuruni hampir ribuan anak tangga sekitar 15-20 menit mencapai air terjun Sendang Gile. Sedangkan jalur irigasi merupakan jalur tanpa menuruni anak tangga namun menelusuri hutan dimana sering disebut soft trecking. Jalur ini cock bagi Anda yang suka perjalanan menantang. Dan perjalanan menuju air terjun Tiu Kelep dari posisi Sendang Gile Anda harus menelusuri jalan setapak, melewati tangga curam, serta menyeberangi sungai dangkal. Anda berjalan sekitar 45 menit untuk tiba di air terjun Tiu Kelep.

Sensasi Hempasan Air Terjun di Lombok Sendang Gile dan Tiu Kelep

air terjun dendang gile

air terjun dendang gile

Sendang Gile memiliki ketinggian 600 meter di atas permukaan laut dengan ketinggian tebing mencapai 31 meter dari dasar sungai.Air terjun ini memiliki dua tingkatan dan air yang jernih serta dingin.Sesampainya di lokasi Anda dapat menikmati keindahan Sendang Gile di berbatuan besar sekitar air terjun.Setelah puas di Sendang Gile Anda dapat melanjutkan perjalanan lebih menantang ke Tiu Kelep.Melewati jalan setapak naik dan turun serta melewati aliran sungai dangkal kurang lebih 45 menit perjalanan. Tiu Kelep ini memiliki ketinggian 45 meter dengan aliran besar dan deras sehingga hempasan deburan air terjun cukup besar. Suasana air terjun di Lombok satu ini sangat sejuk karena pemandangan hutan lindung yang sangat rimbun. Pastikan untuk mengunjungi wisata ini sebaiknya membawa pakaian ganti, menggunakan alas kaki yang tak licin dipakai, coba hindari musim penghujan, dan sebaiknya lindungi kamera dan barang elektronik lain bila berada di sekitar air terjun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *