Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Desa Senaru Lombok Yang Bersejarah

Selain menawarkan keindahan pantai pasir putih dan juga pesona bawah lautnya, Lombok juga menawarkan keindahan desa wisata bernama desa Senaru. Desa yang masih memiliki tradisi yang sangat religi dan berbudaya ini terletak di Lombok Utara. Berkunjung kesini seperti menyelami kehidupan dan budaya adat masyarakat pedesaan yang belum mengenal yang namanya modernisasi.

Kealamian Dari Desa Senaru

desa senaru

desa senaru

Untuk mencapai desa Senaru diperlukan perjalanan darat dari Mataram selama 2,5 sampai 3 jam. Sesampai di desa ini pengunjung akan menjumpai kawasan desa yang sangat alami. Jalan desanya saja masih berupa tanah tanpa aspal maupun beton seperti desa-desa pada umumnya di Indonesia. Rumah-rumah penduduk di sini juga unik karena bentuk bangunannya masih tradisional.

Untuk pondasinya menggunakan susunan batu hitam dari sungai. Sementara untuk dindingnya terbuat dari anyaman bambu disebut juga gedhek/bedhek. Atap rumah di desa Senaru ini menggunakan daun rumbia yang disusun rapat sehingga bisa melindungi rumah dan isinya dari panas dan hujan.

Sejarah Desa Senaru

Di desa ini ada bangunan yang menjadi ikon yaitu Bayan Beleq. Bayan Beleq adalah bangunan masjid di desa ini yang dibangun pada abad ke-17. Karena usianya yang sudah lama dan juga bentuk bangunannya yang terus dijaga keutuhannya, menjadikan masjid ini begitu bersejarah dan menjadi tujuan wisata di desa Senaru.

Secara umum memang bahan bangunan penyusun masjid ini sama dengan rumah penduduk yaitu batu sebagai pondasi, bedhek sebagai dinding dan rumbia di atapnya. Yang membedakan adalah lokasinya memang di bukit kecil yang lebih tinggi dari tempat lainnya.
Ada juga bangunan Gubug Karang Bajo yang juga menjadi bangunan penting di desa ini. Gubug ini dipakai oleh masyarakat sebagai tempat pertemuan desa. Selain itu bangunan ini juga ditempati oleh tetua adat di desa Senaru ini. sekilas memang struktur bangunan ini mirip dengan rumah Joglo di Jawa Tengah.

Selain budaya dan masyarakatnya, di desa Senaru ini juga memiliki pemandangan alam yang luar biasa. Wisatawan bisa berkeliling desa untuk melihat bentang sawah dan juga hutan adat yang begitu hijau. Hal ini semakin membuat lengkap wisata Lombok Utara ini
Dibalik hutannya yang hijau dan rindang ternyata tersembunyi keindahan lainnya. Ada 2 mutiara yang terpendam yaitu Sendang Gila dan Tiu Kelep.

Dua nama ini adalah nama air terjun di dekat desa Senaru. Sindang Gila adalah air terjun dengan ketinggian air sekitar 30 meter. Untuk sampai di Sindang Gila ini aksesnya lumayan mudah karena sudah ada ratusan anak tangga yang bisa dilewati. Air terjun yang kedua bernama Tiu Kelep. Air terjun ini berada tidak jauh dari air terjun Sindang Gila tadi. Uniknya, derasnya air yang tercurah dari atas tebing muncul secara bertingkat-tingkat. Hal ini tentu membuat panorama di sekitar air terjun menjadi semakin luar biasa.

Desa Senaru ini juga menjadi basecamp ataupun desa terakhir bagi para pendaki yang ingin mendaki gunung Rinjani. Sebagai pintu gerbang pendakian, desa yang berada di kaki gunung Rinjani ini ternyata memiliki budaya dan juga keindahan alam yang menakjubkan. Dua hal ini sebenarnya adalah modal utama yang bisa dijual kepada wisatawan sehingga desa Senaru ini sekarang bisa menjadi desa wisata.

Bagi wisatawan yang memang ingin menikmati suasana pedesaan Senaru yang masih asri, ada juga homestay yang sengaja disiapkan untuk pengunjung. Dengan adanya homestay ini semakin memperkenalkan budaya dan keunikan desa dan masyarakat desa Senaru kepada wisatawan baik dari domestik maupun dari mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: