Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Objek Wisata Masjid Bayan Beleq Lombok

Masjid bayan beleq ini merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Lombok Utara serta dijadikan sebagai sebuah lambang dari daerah Kabupaten Lombok Utara. Masjid kuno Bayan belek juga digambarkan dalam sebuah siluet yang berwarna merah sebagai suatu integritas peradaban masyarakat Lombok Utara tersebut. Dan ada pula yang menyebutkan bahwa bangunan masjid kuno Bayan menggambarkan tonggak beradapan dari masyarakat Lombok Utara yang telah dibangun berdasarkan kesadaran Cosmos, kesadaran adat-adat Dara, sejarah dan juga kesadaran spiritual.

Sejarah Masjid Bayan Beleq Lombok

Masjid Bayan Beleq

Masjid Bayan Beleq

Masjid kuno bayan merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Lombok utara, serta masjid ini menjadi saksi bisu terhadap masuknya agama Islam di Pulau Lombok. Masjid ini sudah dibangun ratusan tahun lalu oleh seorang mubaligh, namun sampai saat ini belum ditemukan sumber tertulis siapa pendiri Masjid tersebut. Masjid yang satu ini sudah berumur dari jaman masuknya islam di wisata lombok yang juga merupakan salah satu saksi bisu dari agama islam.

Masjid kuno Bayan adalah salah satu warisan budaya yang perlu anda pelihara, karena masjid ini merupakan situs cagar budaya yang berkontribusi dalam National Heritage. Warna merah yang terletak pada sterilisasi bangunan masjid kuno Bayan menunjukkan bahwa masjid kuno Bayan memiliki keberanian menegakkan jati diri sebagai masyarakat budaya. Masjid kuno Bayan ini mempunyai filosofis tersendiri yang terdiri dari beberapa bagian, masjid kuno Bayan belek ini memiliki ukuran yaitu 9×9 m2 dengan dinding yang rendah dari anyaman bambu, sementara atap dari masjid tersebut berbentuk tumpang yang tersusun rapi dari bilah bambu atau yang sering dikenal sebagai bahasa Dayan gunung atau santet, dengan lantai tanah yang besarnya dari susunan batu kali.

Uniknya Wisata Masjid Bayan Beleq Lombok

uniknya masjid bayan beleq lombok

uniknya masjid bayan beleq lombok

Bagi anda yang berkeinginan untuk mengunjungi masjid yang satu ini, jalannya cukup mudah untuk di lalui kendaraan. Memang masjid bayan ini jika dari tepi jalan Pulau Lombok tidak begitu tampak jelas, yang kelihatan hanyalah sebuah pagar tembok dengan dua rumah yang kecil. Di kedua sisi gerbang tersebut yaitu kantor tempat untuk pendaftaran pengunjung dan juga sebuah rumah penjaga situs. Dan Sementara di sebelahnya telah terdapat sebuah berugak untuk tempat beristirahat bagi para pengunjung atau para wisatawan. Bangunan dari masjid ini baru kelihatan setelah anda memasuki pagar beberapa belas meter di tengah-tengah rindangnya pepohonan seperti sebuah gubuk yang ada di puncak bukit.

Di sekitar masjid bayan beleq ini juga telah di temukan sebuah makam reak, yaitu sebuah makan dari syekh abdul razak yang telah menyiarkan agama islam di lombok secara menyeluruh ke semua belahan kawasan yang ada di lombok. Akan tetapi di setiap wilayah yang di dakwahi beliau, beliau selalu saja berganti-ganti nama, maka dari itu beliau tidak terlalu di kenal di kalangan masyarakat. Selain itu anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat menarik yang ada di sekitar masjid kuno bayan ini. Seperti air terjun sendang gile, air terjun tiu kelep, serta beberapa lokasi wisata alam lainnya yang bisa anda kunjungi sewaktu anda berada di Lombok utara. Hal tersebut akan membuat pengalaman anda tidak akan terlupakan. Anda bisa belajar mengenai kehidupan warga desa serta mencoba sensasi beribadah di masjid bayan beleq ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: