Kumpulan Tips Wisata Lombok Yang Menyenangkan

Kota Ampenan Wisata Bersejarah di Pulau Lombok

Kota Ampenan merupakan salah satu kota tua yang berada di Pulau Lombok, serta Kota Ampenan merupakan salah satu kota yang menjadi jaringan Kota Pusaka Indonesia dari 43 Kota. Serta pada zaman dahulu Kota Ampenan ini juga menjadi pusat kota di Pulau Lombok yang sekarang berubah menjadi sebuah kecamatan di Kota Mataram. Kota Tua Ampenan ini juga menjadi salah satu destinasi wisata bersejarah yang ada di Lombok, serta sangat direkomendasikan untuk di kunjungi, disini anda bisa menikmati keindahan kota tua dan belajar mengenai sejarah-sejarah Kota Ampenan pada masa lampau.

Wisata Kota Ampenan Yang Penuh Sejarah

kota ampenan lombok

kota ampenan lombok

Asal mula nama Kota Ampenan yaitu berasal dari nama “amben” oleh masyarakat suku sasak arti dari kata amben tersebut yaitu  “tempat singgah”, kota ini dulunya merupakan sebuah pelabuhan yang biasanya digunakan oleh para tentara Belanda untuk singgah serta mereka ingin menyaingi kerajaan-kerajaan yang ada di Pulau Bali. Pelabuhan Ampenan pernah menjadi salah satu pelabuhan utama yang ada di Pulau Lombok serta pelabuhan Ampenan ini berbatasan langsung dengan pulau Bali dikarenakan Pulau Bali dan Pulau Lombok hanya dipisahkan dengan Selat Bali saja, Pelabuhan Ampenan ini dibangun pada tahun 1928 sampai 1970-an bahkan pada tahun 1948 sampai 1950an Pelabuhan Ampenan ini pernah menjadi pelabuhan tersibuk di Lombok.

Karena Pelabuhan Kota Ampenan memiliki ombak besar sehingga tidak cocok apabila digunakan sebagai pelabuhan besar, maka aktifitas pun dialihkan ke Pelabuhan Lembar yang memiliki ombak sedang. Anda bisa menjadikan Kota Ampenan untuk salah satu tujuan destinasi wisata anda bersama keluarga tercinta maupun teman-teman anda, disini terdapat banyak sekali bangunan tua di Kota Ampenan yang bisa menjadi salah satu spot foto dengan konsep kolonial, serta anda bisa berwisata sejarah menikmati keindahan dan keunikan dari Kota Ampenan, Mataram, Lombok.

Lokasi Pelabuhan Kota Ampenan Lombok

Lokasi Pelabuhan Kota Ampenan ini sekarang lebih banyak digunakan sebagai lokasi memancing, serta bangunan-bangunan tua yang berada di ruas jalan menjadi salah satu spot fotografi di Ampena dan menjadi saksi dari kejayaan Pelabuhan Ampenan pada masa lalu, bangunan di sepanjang jalan itu ditinggali oleh warga keturunan Tionghoa, serta pada  Jalan Pabean tersebut terhubung dengan Simpang Lima disana anda bisa melakukan wisata sejarah. Simpang 5 tersebut menghubungkan Jalan Pabean, Jalan Yos Sudarso, Jalan Koperasi, Jalan Niaga, dan Jalan Sadeng Sungkar.

Selain itu Kota Tua Ampenan juga memiliki berbagai macam etnis yang tinggal dengan rukun di Kota Tua terdapat beberapa etnis yang sangat berbeda jauh seperti Suku dan juga Budaya antara lain seperti : Cina, Bugis, Arab, Melayu, Bangsal, yang hidup rukun bersama di Kota Ampenan Mataram Lombok. Kota Tua Ampenan ini memiliki aktifitas ekonomi seperti vakum sejak Pelabuhan Ampenan tidak lagi beroperasi, penduduk sekitar  pelabuhan Ampenan ada yang bekerja sebagai nelayan, penjual ikan segar, dan pedagang ikan bakar. Disini anda juga bisa mencicipi hidangan kuliner ikan bakar serta berbagi macam masakan khas dari Pulau Lombok yang akan siap untuk menggugah selera makan anda.

Serta dengan tercatatnya Kota Ampenan sabagai salah satu kota yang menjadi Pusaka Indonesia maka diharapkan masyarakat Kota Ampenan mampu untuk menjaga dan melestarikan kondisi Kota Tua Ampenan  agar lebih terawat dan mampu menarik minat para wisatawan untuk datang ke Kota Tua Ampenan serta lebih membuka potensinya sebagai kota tujuan wisata di Indonesia terlebih lagi di Kota Tua Ampenan Lombok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: